Informasi Umum Banjar Dirgahayu

Balai Banjar

Banjar Dirgahayu  adalah salah satu banjar dinas di Desa Abiansemal yang berada di bagian selatan desa dan masuk ke dalam wilayah desa adat Gerih bersama dengan Banjar Purwakerta. Jika dilihat dari aspek geografisnya Banjar Dirgahayu merupakan banjar yang strategis karena berada di jalur utama Gerih-Darmasabha yang sering dijadikan jalur alternatif untuk menuju ke Denpasar sehingga dapat mempercepat kemajuan dan pembangunan di banjar ini. Sama seperti Banjar Purwakerta, Dirgahayu juga berbatasan langsung dengan Tukad Ayung yang menjadi batas Desa Abiansemal. Secara administratif kedinasan Banjar Dirgahayu  dipimpin oleh seorang kelian dinas yang dijabat oleh I Ketut Sudiarta S.E. dan kelian banjar adat yang dipimpin oleh I Wayan Bawa yang pada proses perjalanannya selalu beriringan satu sama lain.

kelangsah

Sebagai salah satu banjar dinas yang paling dekat dengan ibukota provinsi, berbagai potensi dimiliki dan berkembang sangat baik di daerah ini mulai dari pertanian, peternakan, industry khususnya konveksi destar, pengrajin kelangsah, dan juga pembuatan batako serta berbagai usaha lain yang menjadi sumber penghasilan warga selain bekerja di sektor formal dan swasta. Namun seiring perkembangan jaman potensi Banjar Dirgahayu  ini masih dapat dikembangkan lagi, karena masih banyak potensi yang  belum dikembangkan baik wisata tirta di Tukad Ayung, wisata alam dengan menikmati view persawahan yang masih sangat alami, dan juga potensi di bidang peternakan dan perikanan yang sampai saat ini terus berkembang ke arah yang lebih menjanjikan.

perbatasan

Di dalam pengembangan kapasitas dan juga pembangunan potensi SDM, Banjar Dirgahayu  memiliki banyak organisasi baik yang dibentuk banjar maupun yang menjadi suatu komunitas yyang bertujuan untuk membangun kapasitas warga. Mulai dari kelompok PKK, Posyandu, Kelompok Dasa Wisma Sekar Arum, maupun juga Sekeha Teruna Widya Paramitha yang menjadi wadah masyarakat untuk berinteraksi sehari-hari. Namun tidak hanya itu, banjar ini juga memiliki Sekehe Gender Wayang, Sekeha Gong baik alit, wanita, maupun dewasa untuk pengembangan seni budaya masyarakatnya. Untuk di bidang ekonomi ada koperasi yang bisa mempercepat laju pertumbuhan ekonomi warga.

<KU2013>

About Desa Abiansemal

Website Desa Abiansemal tempat berbagi informasi dan data ke seluruh warga

Posted on Juli 26, 2013, in Banjar, Banjar Dirgahayu, Home, Profil Desa and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: