Informasi Umum Banjar Pande

Balai Banjar Pande Desa Abiansemal

Banjar Pande adalah salah satu banjar yang berada di wilayah Desa Abiansemal yang terkenal dengan pedagang pisang, pindang, dan juga kelompok budidaya lele sehingga mempercepat laju perekonomian di banjar tersebut. Jika dilihat dari aspek pembangunannya Banjar Pannde merupakan banjar yang meiliki tingkat pembangunannya sudah sangat maju karena berbatasan langsung dengan ibukota kecamatan Abiansemal di Blahkiuh. Banjar Pande berbatasan dengan 2 desa lain yakni Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, dan Desa Blahkiuh. Sedangkan di arah lainnya berbatasan dengan Banjar Keraman dan Juwet. Secara administratif kedinasan Banjar Pande dipimpin oleh seorang kelian dinas yang saat ini dijabat oleh I Made  Subawa. Dan selain menjadi banjar dinas Pande juga merupakan sebuah banjar adat yang dipimpin oleh Made Purna yang pada proses perjalanannya selalu beriringan satu sama lain.

Kelompok Budidaya Lele

Sebagai salah satu banjar yang sudah cukup maju, berbagai potensi dimiliki dan berkembang sangat baik di daerah ini mulai dari pertanian, peternakan, pengolahan daging khusunya ikan, budidaya lele, pengrajin keranjang, penjual pisang, dan juga pengrajin produk kreatif yang menjadi sumber penghasilan warga selain bekerja di sector formal dan swasta. Namun dari sekian banyak potensi yang dimiliki Banjar Pande pembuat pindang dan budidaya lele menjadi salah satu usaha yang sangat dominan bagi masyarakat Banjar Pande karena hampir semua masyarakat bergerak di bidang usaha tersebut.

Koperasi

Di dalam pengembangan kapasitsas dan juga pembangunan potensi SDM, Banjar Pande memiliki banyak organisasi baik yang dibentuk banjar maupun yang menjadi suatu komunitas yyang bertujuan untuk membangun kapasitas warga. Mulai dari kelompok PKK, Posyandu, Kelompok Dasa Wisma, maupun juga Sekeha Teruna Taruna Karya menjadi wadah masyarakat untuk berinteraksi sehari-hari. Namun tidak hanya itu, banjar ini juga memiliki kelompok budidaya ikan lele Boga Segara dan kelompok pemindang Merta Segara yang sangat eksis sehingga bisa mengangkat perekonomian warga selain berdagang dan usaha lainnya dengan dibantu 2 unit koperasi yang sudah sangat berkembang.

 <KU2013>

About Desa Abiansemal

Website Desa Abiansemal tempat berbagi informasi dan data ke seluruh warga

Posted on Juli 22, 2013, in Banjar, Banjar Pande, Home, Informasi Umum, Profil Desa and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: